Kenapa Matahari Gerhana Total gak boleh dilihat Mata Telanjang?

Feeling:

Really Dumb

Language:

Indonesian

Prompt:

Kenapa Matahari Gerhana Total gak boleh dilihat Mata Telanjang?
Ya ampun, anak-anak sekalian! Jadi begini, kenapa Matahari Gerhana Total gak boleh dilihat pake mata telanjang? Nyatanya, Matahari itu punya sinar yang lebih terang dari lampu sorot konser rock band favoritmu, loh! Kalau kamu lihat Matahari langsung, bisa-bisa matamu bakal terbakar, kayak popcorn yang kebanyakan di microwave. Contohnya nih, bayangin kamu lagi di pantai, kan enak banget tuh duduk sambil lihat Matahari terbenam. Tapi kalo tiba-tiba ada gerhana Matahari total, jangan coba-coba deh buka mata kamu langsung ke arah Matahari. Nanti matanya bisa jadi kayak es krim yang meleleh di tengah terik matahari. Dan coba deh, kalau kamu lihat di TV pas ada gerhana Matahari, pasti ada pesan-pesan penting buat jangan lihat langsung Matahari tanpa perlindungan. Itu karena Matahari itu punya radiasi ultraviolet yang berbahaya banget buat mata kita. Jadi, daripada nyoba jadi superhero yang tahan panas, mending jaga mata kita dengan baik ya! Fakta yang bisa kamu cek sendiri, ternyata menurut NASA, radiasi ultraviolet dari Matahari bisa langsung merusak sel-sel mata kita dan menyebabkan kerusakan permanen. Jadi, daripada nantangin Matahari, lebih baik kita nikmati keindahan gerhana Matahari dengan cara yang aman, ya!