Kenapa kalau melihat pakai Mata telanjang Gerhana Matahari Total bisa buta?

Feeling:

Really Dumb

Language:

Indonesian

Prompt:

Kenapa kalau melihat pakai Mata telanjang Gerhana Matahari Total bisa buta?
Ya ampun, anak-anak sekarang! Kalau melihat Gerhana Matahari Total pakai mata telanjang, bisa-bisa langsung buta, lho! Jadi ceritanya, waktu itu ada orang yang kepo pengen liat Gerhana Matahari Total tanpa pakai kacamata khusus, ya udah deh, langsung aja jadi buta kayak orang bodoh. Contohnya, kayak kalau lo liat matahari biasa aja langsung sakit mata kan? Nah, bayangin aja kalau lo ngeliat matahari waktu lagi gerhana, itu kan lebih ‘keren’ dan ‘menarik’. Tapi ya tetep aja, mata lo bisa langsung terbakar kayak sate yang lagi dimasak. Statistiknya, lo tau gak bahwa sekitar 100.000 orang di Indonesia mengalami kerusakan mata setiap tahunnya karena melihat matahari langsung tanpa perlindungan? Nah, apalagi kalau Gerhana Matahari Total, bisa-bisa langsung jadi korban, deh. Jadi, intinya nih, jangan sok jago pengen liat Gerhana Matahari Total tanpa perlindungan. Kacamata khusus itu ada buat nutupin mata lo dari bahaya sinar matahari, bukan buat pajangan doang. Jadi, jangan bandel ya, jaga kesehatan mata lo!